Kegiatan Tasmi’ Sya’ban 1438 H

Bulan Sya’ban adalah bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan. Bulan ini memiliki banyak keutamaan. Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisinya dengan memperbanyak berpuasa di bulan ini sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadhan.

Selain memperbanyak amalan ibadah puasa, pada bulan Sya’ban juga dimanfaatkan momentum oleh para salafus shalih untuk memperbanyak bacaan Al Quran. Disebutkan bahwa Salamah bin Kuhail rahimahullah berkata:

كَانَ يُقَالُ شَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ الْقُرَّاءِ

“Dulu dikatakan bahwa bulan Sya’ban adalah bulan para qurra’ (pembaca Al Quran).” Begitu pula yang dilakukan oleh ‘Amr bin Qais rahimahullah apabila beliau memasuki bulan Sya’ban beliau menutup tokonya dan mengosongkan dirinya untuk membaca Al Quran. (Lathaiful-Ma’arif libni Rajab Al-Hanbali hal. 138).

Dalam menyambut momentum bulan Sya’ban Pondok Pesantren Taruna Al Quran akan mengadakan program tahunan sebagaimana yang telah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya yaitu Tasmi’ Sya’ban atau simakan hafalan Al Quran pada bulan Sya’ban. Kegiatan ini biidznillah Insya Alloh akan dilangsungkan pada tanggal 6 – 11 Mei 2017.

Kegiatan ini akan diikuti oleh para santri huffadz yang telah menyelesaikan hafalan Al Quran 30 Juz. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibagi menjadi 2 pilihan kategori :

  1. Tasmi’ 30 Juz – 1 hari
  2. Tasmi’ 30 Juz – 2 hari

Kriteria dalam mengikuti program ini memiliki beberapa ketentuan diantaranya adalah batas salah pada setiap juz hanya 3, apabila kesalahan lebih daripada 3 maka juz tersebut dianggap gugur dan dilanjutkan ke juz setelahnya. Tasmi’ ini nantinya akan disimak dihadapan para ustadz.

Guna memberikan reward/hadiah bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini Pondok Pesantren Taruna Al Quran akan menyiapkan hadiah berupa :

  1. Uang tabungan sebesar Rp. 2.000.000,- (kategori tasmi’ 30 Juz – 1 hari)
  2. Uang tabungan sebesar Rp. 1.500.000,- (kategori tasmi’ 30 Juz – 2 hari)
  3. Kesempatan mengambil sanad Al Quran
  4. Bantuan melanjutkan studi ke Timur Tengah (pendaftaran dan pembuatan paspor)
  5. Prioritas dalam segala hal

Semoga Alloh subahanahu wa ta’ala memberikan keberkahan melalui kegiatan ini, dan kami mohon doa dari kaum muslimin semoga dari para santri yang menghafal Al Quran lahirlah generasi emas, generasi yang hanya takut kepada Robbnya, dan mengamalkan isi kandungan Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *